Apa Yang Membuat Kita Merasa Lapar?

10:57 AM
Orang Lapar
Perasaan lapar adalah pesan yang dikirim ke otak oleh tubuh. Pesan ini berarti bahwa bahan nutrisi di dalam darah berkurang. Marilah kita lihat bagaimana hal ini terjadi.

Tubuh kita dan semua bagaian yang hidup di dalam tubuh harus mempertahankan keseimbangan metabolisme. Ini berarti harus ada keseimbangan tertentu dan kontrol atas pemasukan bahan bakar dan penggunaannya. Untuk mengatur berat badan kita, kita merasa haus, lapar, dan mempunyai selera makan.

Di Otak kita mempunyai pusat rasa lapar. Ini bertugas sebagai rem akitivitas lambung dan usus. Ketika darah dapat mendapat cukup materi nutrisi, maka pusat rasa lapar menghentikan aktivitas di dalam lambung dan usus. Tetapi kita kalau kekurangan nutrisi, usus dan lambung menjadi aktif. Itulah sebabnya kamu dapat mendengar perut berbunyi kalau kamu merasa lapar.

Kalau kamu merasa lapar, tubuhmu menjerit minta bahan bakar. Orang yang benar-benar lapar dapat makan apa saja. Selera makanmu yang memilih dan mencampur makanan sesuai dengan keinginan tubuhmu. Misalnya, seseorang duduk di depan meja makan, mungkin hanya semangkuk sup yang diinginkannya. Lalu ia makan daging dan sayuran. Tetapi kalau ia merasa sudah cukup dengan semua itu, ia akan makan pencuci mulut, kue dan kopi. Tetapi akan sulit sekali baginya untuk makan dalam jumlah yang sama kalau semuanya terdiri dari kentang.

Berapa lama makhluk hidup dapat bertahan hidup tanpa makanan tergantung pada metobolismenya. Hewan berdarah panas mempunyai metabolisme yang lebih aktif, jadi menghabiskan persediaan bahan bakar lebih cepat. Semakin kecil binatang itu, maka semakin cepat ia menggunakan persediaan makannya.

Sumber: Aku Ingin Tahu #2 oleh Arkady Leokum
gambar: http://englishconnect-spb.com/

Artikel Terkait

Previous
Next Post »