Masalah Kependudukan dan Solusi

Unknown 8:50 AM
Indonesia merupakan negara yang kaya dengan sumber daya alamnya, tetapi masih belum sepenuhnya dimanfakan oleh masyarakat Indonesia dan jangan lupa, negara Indonesia merupakan negara ke-4 dengan jumlah penduduk yang tinggi di dunia. Inilah opini saya terhapap masalah    kependudukan dan solusinya.

Dengan jumlah penduduk yang terus meningkat,  pemerintah Indonesia kesulitan untuk mensejahterakan masyakatnya, berbagai dampak atas belum meratanya kesejahteraan masyarakat Indonesia mengakibatkan banyak dampak yang berhubungan dengan kependudukan di Indonesia.

Salah satu masalah yang dihadapi oleh Indonesia adalah sektor ekonomi, dengan bertambanya jumlah penduduk maka lapangan pekerjaan semakin sulit untuk di dapatkan dan tidak mampu untuk menampung orang yang membutuhkan pekerjaan. semkain sulit untuk mencari pekerjaan maka semakin tinggi angka pengangguran di Indonesia, semakin banyak pengangguran semakin banyak pula angka kriminalitas dan angka kemiskinan naik.
Solusi yang harus pemerintah lakukan adalah membuat pelatihan sumber daya manusia Indonesia untuk bisa siap kerja dan membangun atau membuka lapangan kerja baru dengan begitu angka pengangguran yang tinggi dapat diatasi.

Masalah sektor lainnya yaitu dari pendidikan, di Indonesia banyak anak putus sekolah karena disebabkan oleh pertumbuhnya kependudukan yang meningkat setiap tahun yang bisa menghambat lajunya tingkat mutu pendidikan di Indonesia. solusi yang harus dilakukan pemerintah adalah membantu masyarakat menengah ke bawah dalam  sektor pendidikan dengan bantuan tersebut diharapkan penerus bangsa bisa menjadi generasi yang bisa memajukan negara Indonesia.

Masalah selanjutnya adalah masalah belum meratanya kepadatan penduduk dalam suatu wilayah. semakin banyak penduduk dalam suatu wilayah maka semakin sulit untuk mensejahterakan masyarakat dan  semakin sedikit penduduk suatu wilayah maka pembangunan wilayah menjadi lambat. untuk itu pemerintah seharusnya bekerja sama dengan lembaga yang dapat mengendalikan kelajuan jumlah penduduk dalam suatu wilayah di Indonesia dengan tujuan untuk meratakan jumlah penduduk sehingga tidak terjadi ledakan penduduk dalam suatu wilayah. program yang harus dijalankan adalah program transmigrasi dan program KB (Keluarga Berencana). manfaat dari program transmigrasi adalah untuk meratakan penduduk dalam suatu wilayah supaya tidak terjadinya ledakan penduduk dalam suatu wilayah, melainkan supaya setiap daerah atau wilayah memilki jumlah penduduk yang sama.

Masalah kependudukan tidak lain adalah masalah tingginya angka pertumbuhan penduduk, Indonesia adalah negara ke-4 dengan jumlah penduduk yang tinggi di dunia. karena jumlah penduduk yang tinggi banyak orang menganggur, kejahatan dimana-mana, terdapat wilayah yang kumuh dan kelaparan diamana.  Oleh sebab itu, pemerintah membuat langkah yang tepat untuk membuat program KB (Keluarga Berencana) yang tujuannya memberikan bantuan kesehatan masyarakat dan mengontrol pertumbuhan penduduk Indonesia agar tidak ledakan penduduk dengan cepat dan pemerintah harus memberikan penyuluhan terhadap  masyakat awam agar bisa mengerti pentingnya  pendidikan kependudukan dan masalah kependudukan di Indonesia supaya bisa membuat rencana keluarga dengan baik dan agar program KB (Keluarga Berencana) bisa berjalan tanpa ada hambatan.

Diatas adalah opini saya tentang masalah kependudukan dan solusi, semoga bermanfaat..

(Arya Zulfikar Rohmawan. SMAN 1 Mojosari)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »