Apa Yang Dilakukan Sel Darah Putih?

Unknown 2:46 PM
Seperti yang kaulihat, darah sangat penting bagi kehidupan, bukanlah hal yang sederhana. Banyak zat yang berbeda yang mempunyai tugas khusus dan penting. Walaupun sel darah merah jumlahnya jauh lebih banyak didalam darah dan menberi warna pada darah, sel darah putih juga mempunyai peran yang sangat penting. Sel darah putih disebut leukosit. 

Kebanyakan leukosit  adalah sel granulosit. Sel ini menerobos dinding pembuluh darah ke tempat di mana ada kuman atau terjadi kerusakan jaringan. Beberapa dari sel ini, netrofil, menelan bakteri dan menghancurkannya. Netrofil juga mengeluarkan zat-zat yang mencerna dan melunakkan jaringan yang mati dan akan membentuk nanah.

Sel darah putih yang lain disebut limfosit. Limfosit ini sering bertambah jumlahnya di bagaian tubuh di mana infeksi berlangsung dalam waktu yang lama. Ini adalah bagaian dari proses perlawanan tubuh terhadap infeksi. Jadi, tugasnya sangat penting.

Masih ada sel darah putih yang lain, yang disebut monosit. Sel ini, bersama sel lain di dalam jaringan, mempunyai kemampuan untuk mengambil sisa materil seperti kotoran, dan mencegahnya agar tidak berhubungan dengan sel yang sehat.

Selain itu, walaupun sel darah putih sangat penting bagi tubuh, terlalu banyak sel ini juga tidak baik. Kalau terlalu banyak sel darah putih diproduksi, dan mereka tidak tumbuh menjadi sel yang sehat dan aktif diperlukan, maka kondisi ini disebut Leukemia, atau kanker darah.

Jadi, darah seperti campuran kimia di mana di dalamnya harus ada jumlah tertentu dari tiap  zat --Sel darah merah, sel darah putih, protein, garam, lemak, dan lain-lain.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »