Mengapa Sensus Dilakukan?

8:41 AM
sensus penduduk
sensus penduduk
Mengapa Sensus Dilakukan? - Pengadaan sensus oleh pemerintah sudah setua kebiasaan memungut pajak dan mendirikan ketentaraan. Pada jaman dahulu, satu-satunya tujuan pengadaan sensus adalah agar pemimpin mereka mengetahui berapa banyak orang yang dapat dikirim ke medan perang atau berapa banyak uang yang bisa ia dapatkan. Behubung penduduk menderita karena sensus, mereka melakukan apa saja untuk memberi keterangan tidak benar.

Di kebanyakan negara, pertanyaan yang sederhana ditanyakan pada sensus --usia orang - orang yang tinggal dalam sebuah rumah, hubungan antara orang - orang ini, tempat tanggal lahir dan kebangsaan, pekerjaan mereka dan dimana mereka bekerja. Beberapa pertanyaan menanyakan tanggal pernikan dan jumlah anak. Gambaran agrikulutura juga dicantumpkan, seperti berapa luas tanah dan jenis ternak yang dipelihara.

Setelah semua informasi itu telah dikumpulkan, perhitungan itu dijumlahkan dan dipisahan sesuai dengan seksi atau golongannya. Kemudian hasilnya dapat digunakan dan sangat berguna bagi banyak badan, Misalnya, jumlah golongan umur dapat berguna bagi pemerintah untuk menentukan berapa banyak sekolah yang diperlukan pada saat tertentu, atau untuk memperkirakan biaya pensiun.

Sensus menunjukkan apakah populasi meningkat atau menurun. itu juga menunjukkan perpindahan populasi  ke kota atau ke desa, Sensus memperlihatkan apakah kondisi sosial semakin baik atau semakin buruk. Sensus juga menyatakan indusri apa yang berkembang dan apa yang mundur.

Ketika pejabat dipilih berdasarkan populasi, sensus membantu menentukan jumlah pejabat pada setiap seksi. Sensus membantu pemerintah membuat hukum, dan membantu badan usah, sosial dan ekonomi untuk menjalankan pekerjaan mereka dan membuat rencana.

Apakah anda punya pendapat lain? silahkan tulis di komentar :)

sumber: aku ingin tahu #3 oleh Arkady Leokum
sumber gambar: id.wikipedia.org

Artikel Terkait

Previous
Next Post »