Generasi Muda Indonesia Menjawab Tantangan Masa Depan dengan Berjiwa Pancasila

sumber gambar: http://www.bin.go.id/
Generasi muda sudah pasti merupakan kumpulan kaum muda untuk menjadi penerus negeri ini kelak. Hal itu memamang tidak bisa dipisahkan lagi. Generasi muda semestinya harus memiliki tujuan dan mimpi untuk negeri ini di masa yang akan datang. Tujuan dan mimpi yang ingin dicapai tersebut harus dipikirkan secara matang dan disusun secara rapi dari sekarang, agar menjadi bahan motivasi bagi generasi muda untuk membangun bangsa menjadi lebih baik.

Generasi muda harus memiliki tujuan dan mimpi yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Karena pancasila sudah menjadi ideologi bagi bangsa Indonesia. Sebagai pondasi bagi negeri ini. Menjaga dan mempraktikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam pelajaran yang saya dapat disekolah saya, Pancasila merupakan suatu jati diri atau jiwa leluhur asli dari bangsa Indonesia semenjak dahulu. Jika generasi muda memiliki tujuan dan mimpi yang sama dengan nilai-nilai yang ada pada pancasila, maka akan tumbuh rasa nasionalisme yang unggul untuk mencapai Indonesia yang unggul. Negeri ini pasti akan damai, makmur dan sejahtera. Akan sangat disayangkan jika suatu saat nanti nilai-nilai pancasila akan hilang di negeri ini begitu saja.

Kenapa generasi muda harus berpedoman dengan pancasila?

Di era globalisasi yang terbuka dan dengan mudahnya masuk ke Indonesia, generasi muda sekarang mulai menerima dan menyerap ideologi dan kebudayaan asing, sehingga generasi muda sekarang mulai melupakan pancasila yang sampai sekarang adalah sebagai ideologi resmi bangsa Indonesia. Ini yang sangat disayangkan sekali, dan akan berdampak buruk bagi bangsa Indonesia. Karena ujung tombang dari bangsa ini tidak memahami begitu berartinya pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.  Pancasila masih sangat cocok sampai sekarang. Pancasila mengandung nilai-nilai dan norma luhur, dan tepat untuk mempersatukan bangsa Indonesia.

Dengan berpedoman pancasila generasi muda akan menambah kembali rasa nasionalis terhadap negeri ini. dengan rasa nasionalis tersebut genersi muda akan berusaha untuk mencari cara untuk membuat negeri ini menjadi unggul. Mungkin dengan cara mengembangkan IPTEK, memanfaatkan kekayaan Indonesia dengan benar, dan membuat prestasi akademik dan non-akademik tingkat Internasional yang membuat bangsa lain akan terkagum dengan generasi emas Indonesia dimasa yang akan datang. Dan dengan rasa nasionalis tersebut generasi muda tidak akan berani macam-macam untuk merugikan negara.


Pancasila: Ideologi yang Membuat Generasi Muda Menjadi Percaya Diri Dalam Menghadapi Tantangan Masa Depan.


Seperti yang dirasakan sekarang, berbagai masalah dinegeri ini tidak ada habisnya, mulai dari KKN, Terorisme, Tawuran antar pelajar, Sumber Daya Alam (SDA) yang masih dikuasi pihak asing, dan masalah-masalah yang dihadapi oleh negeri kaya ini. Indonesia. Masalah yang tidak akan pernah selesai, saya pikir mungkin negeri ini telah melupakan nilai-nilai pancasila yang mengajarkan bagaimana caranya untuk memajukan dan membuat Indonesia menjadi unggul. Unggul dalam berbagai bidang.

Pancasila mengajarkan masyarakat Indonesia khususnya generasi muda untuk bagaimanamenjadi warga negara yang cinta damai, tidak merugikan negara, mempunyai sikap patriot, memiliki rasa nasionalisme yang tinggi terhadap negara ini.

Dalam butir-butir pancasila saja memiliki makna tersendiri bagi masyarakat Indonesia, Khusunya bagi generasi muda Indonesia. Berikut adalah butir-butir dari pancasila beserta penjelassan yang saya sampaikan:

Sila-1 : Ketuhanan Yang Maha Esa.

Di Indonesia terdapat berbagai keyakinan. Terdapat enam agama yang diakui oleh Indonesia, ini menandahkan bahwa Indonesia adalah negara yang beragama. Dengan sila-1 ini, generasi muda Indonesia dapat mengerti dengan keragaman agama dan budaya di Indonesia. Dengan mamahami dan mengerti tentang keragaman tersebut  generasi muda yang berbeda-beda agama dapat saling menghormati satu sama lain dan dapat menghormati kebebabasan dalam menjalankan ibadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing yang berada di Indonesia. Dengan begitu Indonesia tidak akan pecah dengan hal yang berbeda-beda agama ini karena telah memiliki rasa toleransi yang tinggi.

Sila-2 : Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab.

Pentingnya persamaan derajat kemanusian dalam bangsa ini. Persamaan hak dan kewajiban bagi masyarakat Indonesia adalah hal yang sangat penting dalam berbangsa. Karena manusia diciptakan oleh Tuhan tanpa membedakan-bedakan. Generesi muda akan bisa berbangsa dan bernegara tanpa membeda-bedakan derajat manusia. dalam sila kedua ini sebenarnya mengandung cita-cita kemanusiaan, sebab semua manusia memang sama tidak perlu lagi dibedakan mana yang mampu dan mana yang tidak mampu. 

Sila-3 : Persatuan Indonesia.

Semua generasi muda harus bersatu dan bersama-sama untuk membangun negeri ini menjadi negeri yang disegani oleh bangsa lain. Indonesia harus mempunyai sifat gotong royong dalam membangun negeri ini, karena dengab sifat gorong tersebut akan memudahakan untuk menuju Indonesia unggul. Jiwa leluhur yang harus dipraktikan dalam kehidupan dalam berbangsa dan bernegara.

Dengan bersama menuju masa depan yang gimilang, Indonesia harus bersatu. rasa Bhineka Tunggal Ika harus tetap terjaga. karena dengan demikian rasa satu-kesatuan masih benar-benar dirasakan oleh masyarakat Indonesia suatu saat nanti.

Sila-4 : Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan.

Indonesia mempunyai kurang lebih 240 juta jiwa penduduk, itu artinya bahwa negara ini harus memetingkan rakyat banyak disetiap kebijakan-kibajakan oleh pemerintah bukan untuk kepentingan golongan apalagi kepentingan pribadi.  Lebih mengutamakan musyawarah untuk kepentingan orang banyak dalam melaksanakan rencana kebijakan oleh pemerintah. sehingga demokrasi di Indonesia terlaksana dengan baik. Semua pembangunan di Indonesia harus demi dan hanya untuk kesejahteraan rakyat Indonesia. 

Sila-5 : Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Keadalian sosial berarti semua warga rakyat Indonesia berhak atas terjaminnya pendidikan, kesahatan dan kesejahteraan. Saling membantu satu sama lain jika ada orang yang kurang mampu. Mungkin kebanyakan masyarakat Indonesia masih jauh dari kata sejahtera. Berbagai faktor tersebut diantaranya adalah pengangguran, sumber daya manusia yang masih sedang-sedang saja, dan korupsi yang mengambat dalam pembangunan negeri ini. Keadilan sosial  memang sulit untuk di laksnakan tetapi, apa salahnya untuk tetap optimis dalam melaksanakannya. Indonesia unggul dengan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.. 


Pancasila: Ideologi Yang Terbuka

Pancasila adalah ideologi yang sangat cepat dalam menyesuaian dalam perkembangan zaman, Jadi Pancasila tidak akan menjadi ideologi yang ketinggalan oleh perkembangan zaman. Tetapi, harus sesuai dengan norma-norma yang berlaku di Indonesia dan membuang jauh-jauh kebudayaan atau norma-norma asing yang tidak cocok bagi Indonesia, agar kebudayaan dan kepribadian asli Indonesia tetap terjaga. Dan generasi muda Indonesia tetap masih memiliki jiwa pancasila tanpa takut akan ketinggalan dengan bangsa lain. 

Memang pada dasarnya pancasila dijadikan sebagai pondasi bagi negara ini. Sebagi generasi muda yang suatu saat menjadi ujung tombak, penurus pergerakan pembangunan di negeri Ini harus mempunyai tujuan dan mimpi untuk negeri berdasarkan pancasila.

Dengan demikian, tujuan untuk menjadi negara yang unggul akan tercapai. karena generasi muda memiliki pondasi yang begitu kuat/kukuh untuk membangun negeri ini, meskipun diterjang oleh kebudayaan luar yang sangat tidak cocok bagi negeri ini, Indonesia tetap menjadi negera yang memiliki kepribadian sendiri dan akan membuat kagum negara asing. Karena pancasila hanya ada satu, yaitu di bumi pertiwi ini. dan perjuangan para pahlawan yang berjasa untuk negeri ini akan tidak sia-sia pengorbanannya.

***

Saya ingat guru Pendidikan Kewarganegraan (PKn) saya pernah bilang, "Pancasila adalah sebagai jati diri bangsa ini, suatu falsafah untuk negeri ini. Jika generasi muda Indonesia seperti kalian tidak berpedoman pada pancasila, maka suatu saat nanti Indonesia akan kehilangan identitasnya dan Indonesia akan kehilangan rasa kesatuan. Karena nilai-nilai yang ada pada pancasila sangat cocok bagi kehidupan untuk berbangsa dan bernegara di Indonesia. Didalam nilai-nilai yang ada pada pancasila terdapat arti yang sangat penting dalam negeri Indonesia yang memiliki berbagai agama, suku dan ras." Oleh karena, saya terinspirasi untuk membuat tulisan ini. Sebab hasil renungan saya, pancasila begitu bermakna dalam menjalankan berbangsa dan bernegara di Indonesia.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

14 Responses to "Generasi Muda Indonesia Menjawab Tantangan Masa Depan dengan Berjiwa Pancasila"

  1. Sila-sila dari Pancasila sangat sempurna sekali yah, kita bangga juga sebagai rakyat Indonesia bisa mempunyai Pancasila, makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Hidup Indonesia! :D terimasih sudah kasih komentar ya :)

      Delete
  3. Ayo, coba ditanyain pada anak-anak muda itu, apakah mereka bisa menyebutkan sila-sila dalam Pancasila?

    ReplyDelete
  4. Nyimak aja deh , Nice info Gan ..
    http://www.aldhinya.com/

    ReplyDelete
  5. follback sukses gan :)


    OUh iya jangan Lupa BACA KUMPULAN TRIK BLOG YANG SAYANG MENARIK Disini :) http://kumpulan-trikblog.blogspot.com/search/label/TUTORIAL%20BLOG

    ReplyDelete
  6. pemuda memang harus berpedoman pada pancasila karena pd pancasila terkandung semua nilai luhur yang menjiwai bangsa Indonesia

    ReplyDelete
  7. Merdeka, majulah bangsaku, makmurlah negeriku. Nice share teman

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel