Generasi Muda Indonesia Optimis dengan Tantangan Bangsa Indonesia di Masa Depan

Unknown 5:53 PM
Sumber gambar : deviantart.net
Perkembangan bangsa ini tak terlepas dari peran pemuda. Pemikiran-pemikiran pemuda sangat berpengaruh dalam kemajuan bangsa ini. Sebagai contoh, sebelum Indonesia merdeka, peran kelompok pemuda pada saat itu sangat berpengaruh bagi Indonesia, karena masih mempunyai pemikiran idealis untuk segera melaksanakan proklamasi. Dan untuk pemuda saat ini tinggal melanjutkan cita-cita bangsa sesuai dengan pemikiran idealis yang berdasarkan Pancasila.

Sebagai negara yang telah merdeka hampir 69 tahun yang lalu yang sekarang di tengah gerakan revolusi dan reformasi, tidak bisa dipungkiri lagi, Generasi muda Indonesia merupakan ujung tombak bangsa ini untuk  menuju perubahan yang lebih baik dari para pendahulunya, karena pemuda adalah sebagai estafet pembangunan bangsa. Pemuda merupakan pemimpin bangsa di masa  depan, memiliki peran yang besar dalam memberikan pendapat atau pemikiran untuk menentukan arah yang terbaik untuk negeri ini. Karena masih mempunyai idealisme yang masih murni dalam pikiran mereka, pemerintah harus menampung atas pemikiran mereka.

Indonesia Memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah, tapi sayangnya banyak perusahaan asing menjajah Sumber Daya Alam (SDA) kita. Sebagai pemuda yang ingin melihat orang asli dari Indonesia mengelola Sumber Daya Alam(SDA) sangat prihatin dengan hal tersebut. Bagaimana nantinya jika negeri ini hanya menjadi penonton perusahaan asing mengelola Sumber Daya Alam (SDA) kita? Pasti kesejahteraan bangsa ini kurang terpenuhi, karena Sumber Daya Alam (SDA) telah dimanfaatkan oleh negara lain apalagi jumlah penduduk dari tahun ke tahun semakin meningkat. Negeri ini kaya, tapi masih ada saja masyarakat yang belum sejahtera. Sungguh terlalukan?.
 
Indonesia memiliki pemuda unggul. Kita tahu bahwa  generasi Muda Indonesia telah memperoleh prestasi dalam berbagai bidang. mulai dari bidang akademik maupun non-akademik. Untuk itulah negara ini patut untuk optimis menjadi negara yang besar. Negara ini bisa menjadi negara maju dengan pemuda yang berpikiran kedepan tapi melihat dan mempelajari ada apa yang salah dengan negeri ini, Agar tidak melakukan kesalahan yang sama. Perkembangan zaman yang serba modern, sebagai generasi pemuda kita dituntut harus memiliki skill dan berdaya saing yang tinggi. Jika tidak, maka kita akan kalah bersaing dengan negara lain yang memiliki daya saing yang tinggi dan juga akan muda tenggelam dalam kemajuan zaman.

Generasi muda Indonesia tinggal mengasah dan menumbuhkan kembali rasa nasionalisme. Karena dengan rasa yang cinta terhadap Indonesia akan tumbuh kembali rasa kesatuan dalam negeri ini yang semakin solid tidak mudah digoyangkan oleh budaya asing. Saling menghormati satu sama lain, tidak ada lagi yang korupsi, memperthankan norma-norma sesuai dengan budaya sendiri. Sehingga keharmonisan negara Indonesia tetap akan terjaga dan jati diri atau identitas bangsa Indonesia tetap terjaga.

Bangsa Indonesia harus tetap optimis untuk menjadi negara yang sejahtera, Indonesia yang unggul. karena Indonesia memiliki generasi muda yang akan percaya dengan kemajuan Indonesia di masa yang akan datang tanpa ada keraguan, maju dengan identitas asli Indonesia. Di tangan generasi muda nanti akan membuat dunia berdetak kagum dengan kemajuan Indonesia. Dengan rasa percaya diri, memiliki kemampuan yang baik dan  memiliki rasa nasionalisme yang besar yang berdasarkan pancasila, menjadi pemimpin atau sebagai masyarakat penerus pembangunan untuk negeri ini suatu saat nanti akan terhindar dari berbagai macam persoalan di Indonesia seperti korupsi, terorisme, globalisasi, dan akan merawat Sumber Daya Alam (SDA) secara bijak & mandiri  tanpa ada campur tangan dari negara asing. Mengingat kembali pengorbanan dan perjuangan para pahlawan yang mengorbankan jiwa, raga, keluarga dan harta demi memperjuangkan kemerdekaan dan sekarang generasi muda tinggal mewujudkan cita-cita atau tujuan negara Indonesia sesuai dengan pancasila.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

10 comments

Write comments
fb
AUTHOR
February 22, 2014 at 2:10 PM delete

Generasi muda harus punya semangat nasionalisme dan berpikir kreatif namun jangan melupakan moral dan spiritual

Reply
avatar
kiki
AUTHOR
February 22, 2014 at 2:30 PM delete

panjang banget ya tulisannya gan :)..
mudah2n anak muda yang baca artikel ini semangat nasionalismenya semakin tinggi dan berpikir cerdas untuk tumbuhnya bangsa indonesia ini

Reply
avatar
rachmat
AUTHOR
February 22, 2014 at 2:36 PM delete

semakin kreatif dalam memajukan bangsa.. blogger juga termasuk ya gan.. hehe

Reply
avatar
February 23, 2014 at 11:41 AM delete

iya :) moral dan spirtulal memang penting. Indonesia nanti harus unggul secara akhlak yang baik maupun secara skill

Reply
avatar
February 23, 2014 at 11:42 AM delete

aamiin :) saya ingin berbagi tentang pemikiran saya hehe
semoga bermanfaat :)

Reply
avatar
Dede Thea
AUTHOR
February 23, 2014 at 6:54 PM delete

Pemuda adalah penerus bangsa,untuk itu para pemuda jangan terlena ,karena baik buruknya bangsa ini ditentukan oleh para pemudanya,,,,

Reply
avatar
joe
AUTHOR
February 24, 2014 at 6:02 PM delete

para pemuda ini suatu saat akan memimpin bangsa kita

Reply
avatar
the others
AUTHOR
February 27, 2014 at 9:27 PM delete

Generasi muda kita memang banyak yg potensial... namun jarang terekspos karena perhatian media lebih banyak menyoroti kasus2 korupsi di negeri ini.

Reply
avatar