Imajinasi untuk Kehidupan

1:19 AM


"Imagination is more important than knowledge. Knowledge is limited. Imagination encircles the world.” – Albert Einstein

Kutipan diatas adalah salah satu kutipan yang terkenal dari ilmuwan besar, Albert Einstein. Ya, menurut seorang ilmuan tersebut mengukapkan bahwa suatu imajinasi jauh lebih penting dari pada hanya sekedar suatu pengetahuan semata. Suatu ungkapan yang bisa meyakinkan orang lain, karena ungkupan dari seorang ilmuan, seorang saintis yang terkenal dan dikagumi banyak orang.
Mengapa suatu imajanisi sangat penting? Jika suatu pengetahuan diperoleh dari kegiatan yang bersumber dari pancaindra manusia, Imajisani lebih ke arah akal. Meskipun demikian, Imajinasi bukanlah sebuah angan-angan yang tak berarti, tetapi angan-angan yang mampu mengarah untuk melakukan suatu percobaan. Karena yang mustahil bagi akal pikiran, tetapi yang mustahil tersebut masih bisa dimainkan oleh imajinasi. Imajinasi dan ilmu pengetahuan selalu melengkapi. Imajinasi tanpa tindakan yang nyata akan  hanya menjadi sebuah ide, ilmu pengethuan tanpa imajinasi akan membuat ilmu pengetahuan tersebut tidak akan berkembang.

Penemu besar seperti Thomas Alva Edison, dulu ia memiliki imajinasi yang tinggi untuk menciptakan alat yang bisa menarangi, lalu ia melakukan percobaan  membuat alat yang bisa menerangi ,hingga beberapa kali percobaan dan mempelajari kegagalan yang ia dapat, akhirnya berhasil. Ini membuktikan bahwa imajinasi dan ilmu pengetahuan yang dimiliki dapat berpengaruh untuk menciptakan yang bermanfaat untuk dirinya dan orang lain. 

Dalam berjalannya kehidupan yang semakin berkembang, manusia dituntut menjadi seorang yang mempunyai pikiran yang kreatif untuk menciptakan hal yang baru supaya memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaan. Suatu saat nanti orang yang kreatiflah yang akan menuju puncak sebab akan terjadinya right brain revolution (Revolusi otak kanan). Hal tersebut disebabkan karena kemajuan dari alat-alat elektronik, seperti komputer, komputer saat ini dengan pesat dapat mengubah pola pikir pada manusia, ini bukanlah masalah tentang hasil yang dapat dihasilkan oleh komputer itu sendiri, tetapi akan terjadi pertarungan antara orang yang memiliki krativitas dan intuisi dalam menyelesaikan masalah yang tidak bisa dilakukan oleh komputer.

elama imajinasi masih gratis dinikmati oleh semua orang, maka berimajinasilah selama itu dapat menciptkan hal baru yang dapat bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Tetapi mengingat kembali dari awal bahwa imajinasi tanpa ilmu pengetahuan akan menjadi angan-angan yang tak mungkin tecapai, Tetapi imajinasi dengan ilmu pengetahuan maka ibarat impian yang akan tercapai. Karena sesunggunya imajinasi sangat penting untuk menciptakan kreativitas yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. (AZR)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »