Bandung Siap Menjadi Kota Pintar

10:55 PM
Bandung smart city
Sumber: https://feridi94.makes.org/
 
Menurut saya, Smart city adalah konsep yang berasal dari suatu kota yang menerapkan penggunaan  teknologi informasi dan komunikasi yang memperlibatkan warga setempat untuk menciptakan kemajuan dalam hal sosial dan intelektual masyarakat, dan untuk memanfaatkan infrastruktur dengan baik, menghemat anggaran pemerintah pusat untuk mendukung pertumbuhan yang cerdas.

Bandung adalah salah satu  wilayah yang telah membuat banyak pemuda-pemuda yang berprestasi dibidang akademik dan non akademik, dikarenakan kota/kabupaten Bandung memiliki tenanga pendidik yang berkualitas, tidak hanya itu, di Bandung telah membangun sarana dan prasarana yang sangat memadai untuk para pemuda-pemudinya.

Smart city merupakan konsep tujuan yang diidam-idamkan oleh kota-kota diseluruh dunia, dalam konsep kota pintar setidaknya harus memiliki indikator seperti environment (lingkungan),  economy (ekonomi), mobility (mobilitas),  people (masyarakat), smart living (kehidupan). Indikator tersebut dibuat untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat yang bertempat tinggal di kota.

Berikut adalah bagan lingkaran dari enam indikator tersebut.
Sumber: http://www.boydcohen.com/. Akses 10 Nopember 2014
Manfaat dari konsep program smart city memiliki beberapa point yaitu, keamanan, bersinambungan, gaya hidup, dan efesien. Disebut kemanan, data yang terkumpul dapat dijamin ketersediaan ketika sangat dibutuhkan. dengan keterediaan pengelolahan data yang akurat maka program pemerintah dapat di evaluasi dan masyarakat dengan mudah dapat dilaksanakan  secara berkesinambungan. Karena sistem pengolahan data yang dikelola pada satu macam unit saja. Dengan demikian, pemerintah dapat dengan mudah menyesuaikan dan menyajikan layanan sesuai dengan gaya hidup yang ada di kota masing-masing.

Penerapan konsep smart city di Bandung telah berangsur dilaksankan. Dengan konsep smart city, seluruh instuisi masyarakat Bandung baik dibidang pendidikan ataupun pemerintahan dapat berkesinambungan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk menjadi masyarakat yang berkualitas dan menguasai IPTEK maupun ilmu pengetahuan umum dengan begitu masyarakat Bandung terbentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

Selain itu, dengan adanya konsep smart city, bidang pendidikan yang ada di Indonesia akan semakin maju dapat mengikuti perkembangan peradaban, tidak dikarenakan hanya dapat berbagi informasi tetapi juga dapat mencari bakat bagi pemuda-pemudi bangsa, karena peran media sosial memiliki peran untuk mempublikasi karya atau kegiatan anak bangsa. Banyak dari pemuda-pemudi Indonesia memanfaatkan media sosial untuk mempamerkan bakat yang dimiliki sehingga dikenal oleh masyarakat dan yang pasti akan mengharumkan nama Indonesia dimata dunia. Hal itulah yang dapat memicu para penerus bangsa terus berkarya tanpa kenal putus asa. Dengan konsep sedemikian, masyarakat dunia bisa mengetahui bahwa pendidikan yang ada di Indonesia, khusunya Bandung sudah tergolong maju.

Untuk menciptakan smart city, tentu dibutuhkannya prasarana seperti seperangkat teknologi dalam pelayanan masyarakat. Membuat kenyamanan kota, seperti mrmbangun taman, membuat hutan kota, memanfaatan infratruktur yang telah diberikan okeh pemerintah dengan baik. Di bandung, sudah bayak sekali sarana dan prasarana yang diberikan oleh pemerintah bandung, seperti membangun taman-taman, membuat area WiFi disekitar taman, dan tempat ibadah karena sudah bekerjasama dengan perusahaan Telkom,

Dengan terciptanya smart city maka angka kemiskinan,tindakan kriminal dapat diturunkan, oleh sebab itulah mari menciptakan kota yang nyaman, aman, dan bersih. Karena masyarakat sendirilah yang dapat mengubah kota itu sendiri, dan pemerintah harus memberikan sarana dan prasarana untuk masyarakatnya. Selalu menjaga kota sendiri, demi kita sendiri.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »