Sembilan Peristiwa Hilangnya Pesawat Terbang yang penuh Misteri

Unknown 2:01 PM
Ketika lokasi hilangnya Flight Malaysia 370  telah berpindah pindah akibat banyakinformasi masuk dan tidak dikelola dengan cara sistimatis dan terencana sepertilayaknya dalam suatu komando operasi, banyak ahli dan pakar pencari jejak kinielektronik kini angkat bicara. Ada yang mengatakan engine Malaysian Airlinesetiap tiga puluh menit mentrasmit data ke pabrik pembuatnya. Ada yangmengatakan pesawat masih mengirim sinyal empat jam setelah ia kehilangankontak. Semua informasi ini menambah baris dan kolom dalam isian teka tekisilang. Makin membingungkan semua orang termasuk otoritas di PemerintahanMalaysia. Kini pencaharian diperluas ke Lautan India. Pada ummnya upayapencaharian yang didukung oleh informasi akurat akan mengekrucutkan danmenyempitkan posisi sehingga semua upaya dapat diforkuskan kesatu titik. Tapitidak demikian dengan kasus Malaysia Airline ini, semua informasi justru datangsatu persatu dan melebarkan daerah pencaharian. Tadi daerahnya adalah disekitarLaut Andaman dan Laut Cina Selatan kini daerah pencaharian berada dalam radiusSaudi Arabia, Australia hingga lautan India. Ibarat mencari jarumdipadangpasir.

Akan tetapi peristiwa pesawat terbang hilang tanpa jejak bukanlahpertama kalinya terjadi. Berikut dari sumber CNN saya tampilkan  sembilan kasus pesawat  yang hilang misterius. Beberapa kasus bahkanmasih belum terpecahkan, dalam satu dekade kemudian .

Pertama tahun 2014 : Malaysia Airlines Flight 370

Pesawat Boeing 777 jet penumpang lenyap Sabtu pagi , sekitar satujam penerbangannya dari ibukota Malaysia ke Beijing . Tidak ada panggilandarurat . Kontak dengan ATC hilang ketika pesawat sedang berad diatas laut antaraMalaysia dan Vietnam. Tim Search and Rescue dari berbagai negara menyisirperairan di Semenanjung Melayu untuk temukan jejak pesawat , tapi sejauh ini ,tidak ada yang ditemukan . Misteri nasib jet dan 239 orang didalamnya telahmembingungkan para pejabat pemerintah dan pakar penerbangan .

Kedua 2009: Penerbangan Air France 447

Pesawat Airbus A330 , membawa 228 penumpang dan awak , lepaslandas dari Rio de Janeiro dalam perjalanan ke Paris pada tanggal 31 Mei 2009.Pada 01:33 GMT tanggal 1 Juni Atlantic Trafic Control Center menyebutkan posisipesawat Brasil sedang melintasi Atlantik , dan kehilangan kontak. Tidak ada otoritasdan ahli yang tahu apa yang sesungguhnya terjadi. Posisi jatuh dan sebabsebabnya juga tak diketahui serta menjadi misteri selama kurang lebih empathari. Semua daerah yang berdekatan dengan pelabuhan terdekat di Brasil hinggaSenegal di Afrika Barat disisir Semua berspekulasi tentang pesawat jatuh pada kedalamanlaut ribuan meter dan akan menjadi masalah besar bagi tim pencari. Arahpencaharian juga dilakukan dengan metode radius seperti lingkaran agar timmasing masing dapat dibagi dan dipecah mencari  hingga puluhan mil ke segala arah dan sudut  yang digambar dari posisi data transmisiterakhir.

Mayat pertama ditemukan di laut sekitar 600 kilometer di lepaspantai utara Brasil . Membutuhkan waktu empat hari pencarian intensif untuktemukan lokasi pesawat dan diperlukan hampir dua tahun untuk mengumpulkan semuabagian reruntuhan , Berkat kerja keras tim investigasi Kecelakaan hampir sebagianbesar tubuhpesawat  dan black box perekamsuara serta black box  data penerbangandapat dipulihkan untuk dijadikan referensi analisa sebab sebab kecelakaan .Semua 228 penumpang meninggal .

Pada tahun 2012 ,Otoritas Keselamatan dan Keamanan Penerbangan Prancismengatakan bahwa sebab utama jatuhnya pesawat adalah akibat kristal es yangmengganggu pitot tube dan sistem yang digunakan untuk menentukan kecepatanudara dari pesawat. Akibatnya flight management systems yang berfungsi mengolahinformasi meerima data palsu dan keliru yang menyebabkan sistem autopilotmemutuskan tingkah laku terbang yang keliru pula . Karena Bingung , pilotkemudian mengambil alih Kendal dan berupaya lakukan langkah recovery. Akantetapi tatacara pilot dalam mengelola kondisi darurat ternyata juga tidaksesuai dengan keadaan. Tampaknya penerbangan tanpa auto pilot yang diubahsecara manual telah menyebabkan pesawat seolah kehilangan kecepatan atau pesawatterhenti . Akibatnya hidung pesawat mengarah ke atas , bukan ke bawah . Terjadistall dan dan pesawat terjun ke laut  dengan ekor duluan. Begitu laporan otoritasPerancis .

Ketiga Tahun 2003: Boeing 727

Sebelas tahun yang lalu , sebuah Boeing 727 menghilang di ibukotaAngola Luanda .
Pesawat lepas landas dari Bandara Internasional Quatro deFevereiro pada tanggal 25 Mei 2003, menuju Burkina Faso .Ada laporan yangbertentangan tentang jumlah orang yang berada didalam jet pribadi miliki perusahaan,tapi insinyur penerbangan Ben Charles Padilla diyakini menjadi salah satu darimereka . Beberapa laporan mengatakan ia sendirian , sementara yang lainmengatakan tiga orang  naik  bersamanya. Keberadaannya tidak diketahuisampai hari ini .

Keempat Tahun 1999: Penerbangan Egypt Air 990

Lima belas tahun lalu , Penerbangan Egypt Air 990 mengalami prosespenurunan ketinggian yang amat cepat , terjun hampir 14.000 kaki dalam 36 detik.Pesawat jet 767, yang sedang berada dalam perjalanan ke Kairo dari New YorkCity, jatuh di Samudera Atlantik lepas pantai Massachusetts .Meskipunpuing-puing kemudian dapat ditemukan setelah kru Search and Recue menyisirperairan akan tetapi hingga saat ini sebab sebab kecelakaan tidak diketahui. Spekulasipenyebab kecelakaan yang terjadi pada Oktober 1999 dan menewaskan semua 217orang dalam pesawat belum diketahui.Teori termasuk kemungkinan bunuh diri olehpilot atau co -pilot , lengkap dengan cerita-cerita tentang betapa paniknya dansituasi kacau yang terjadi dalam ruang kemudi pilot pada saat terakhir dimanapilot dan copilot berjuang atasi keadaan masih simpang siur. Otoritas Mesirmengatakan sebab utama adalah kegagalan mekanis .


Kelima 1996: Penerbangan TWA 800

Pesawat yang semula direncanakan terbang menuju Paris.  Terlihat dengan mata kepala banyak saksimeledak di udara tak lama setelah lepas landas dari New York City, menewaskansemua 230 orangyang ada didalamnya.Saksi mata mengatakan mereka melihatseberkas cahaya dan bola api diudara. Ada kecurigaan bahwa teroris menghantampesawat dengan roket . Lainnya menyalahkan meteor atau rudal . Akan tetapi NTSBkemudian mengeluarkan laporan bahwa  ledakan terjadi disebabkan oleh korsletinglistrik , yang membakar tangki bahan bakar dan menyebabkan Boeing 747 meledakdiudara menjadi potongan-potongan kecil yang tersebar di perairan Long Island.Meskipun penjelasan telah diberikan , teori-teori konspirasi dan coverup alacerita detektip hingga saat ini masih beredar. Misteri belum terkuak.

Keenam Tahun 1947 : Inggris Stardust

Enam puluh tujuh tahun yang lalu , sebuah pesawat Inggris lenyapdi Argentina Andes setelah lepas landas dari Buenos Aires , menuju ke Chili . Setelahproses pencarian untuk pesawat bernama Stardust dilakukan selama lebih dari 50tahun tidak ditemukan apa apa. Pelbagai teori tentang sebab kecelakaan munculdalam banyak spekulasi. Termasuk Teori konspirasi. Bahkan juga ada muncul teorialien , mahluk luar angkasa yang mengambil pesawat ini dengan pelbagai buktidan temuan diajukan antara lain. Akan tetapi semua spekulasi itu sirna dan telahdibatalkan ketika tahun 2000 , puing-puing pesawat ditemukan terkubur jauh didalam gletser .

Kecelakaan pada tanggal 2 Agustus 1947, telah menewaskan 11 orang, BBC melaporkan .Akhir transmisi kode Morse yang sempat dikirim oleh Stardustadalah kata " STENDEC . Hingga Puluhan tahun kemudian , arti dari katatersebut masih merupakan misteri.

Kerujuh Tahun 1945: Flight 19 Navy Bomber

Flight 19 tidak mengacu pada satu pesawat , kode ini ditujukan untuklima pembom Angkatan Laut yang menghilang di lepas pantai Florida pada tanggal5 Desember 1945.Seorang instruktur penerbangan menerbangkan satu pesawat , danpilot yang memenuhi syarat dengan 350-400 jam waktu penerbangan berada di lainpesawat. Mereka sedang terbang formasi untuk latihan , begitu menurut catatan SejarahAngkatan Laut Amerika.Transmisi radio menunjukkan bahwa instruktur pesawat tersesatketika kompas tidak berfungsi . Kontak radio hilang sebelum lokasi yang tepatdimana masalah terjadi ditentukan , dan tidak ada jejak pesawat yang pernahditemukan hingga kini.Menambah misteri , pesawat pencari yang dikirim untuk menemukanFlight 19 juga ikut menghilang . Flight 19 dilaporkan hilang di daerah yangkemudian dikenal sebagai Segitiga Bermuda .

Kedelapan 1942 : jet tempur Inggris

Sebuah pesawat jet tempur  Royal Air Force jatuh di Gurun pasir SaharaMesir pada tanggal 28 Juni 1942.Pilot tidak pernah memberikan sinyal dimana iaberada. Pesawat P - 40 Kittyhawk itu dianggap hilang selamanya .
A Royal Air Force P - 40 Kittyhawk jatuh di Gurun Sahara Mesir .Pesawat itu jatuh pada tanggal 28 Juni 1942, dan ditemukan pada tahun 2012 .

Dua tahun yang lalu , seorang pekerja perusahaan minyakmenemukannya reruntuhan pesawat yang 70 tahun lalu mengalami kecelakaan itu . Akantetapi Anehnya , pesawat itu menunjukkan tanda luar biasa sepertinya masihterawatt dengan  baik , sebagian besarinstrumen pesawat , sayap , ekor dan kokpit masih utuh .Saat itu , para ahlimengatakan , pesawat terbang dengan perlengkapan dasar , sehingga kemungkinanpilot untuk bertahan hidup tidak ada.

Kesembilan 1937 : Amelia Earhart

Hilangnya Amelia Earhart mungkin merupakan misteri pesawat yangbelum  terpecahkan yang paling terkenal .Earhartingin menjadi wanita pertama yang mampu terbang mengelilingi dunia.  Upaya terobosan penerbang yang paling ambisiussaat itu. Semua orang kemudian juga berlomba-lomba untuk menjadi wanita pertamayang terbang di keliling dunia .Pada tahun 1937 , Earhart mencoba terbangkeliling dunia dengan pesawat bermesin ganda Lockheed Electra . Dengan sekitar7.000 mil lagi tersisa untuk dapat dicatat berhasil mengelilingi dunia, earhartmembuat flight path yang menantang dan akan mendarat di pulau Howland pada yangterletak ditengah Samudera Pasifik , begitu menurut biografi resmi yang ditulissebagai catatan hariannya sendiri..Meskipun laporan cuaca  baik , mereka terbang menuju langit mendungdan berawan yang diselang selingi dengan turunnya air

Akibatnya Transmisi radio menjadi tidak jelas , dan hal terakhiryang sempat ia laporkan melalui radio adalah, " Kami sedang berjalan dari utaradan selatan, " menurut biografinya . Pesawat hilang tanpa jejak hinggakini. Setalah menghabiskan biaya  4 jutadollar untuk mencari jejak pesawat pada daerah lautan seluas 250.000 mil persegi,Pemerintah Amerika Sserikat kemudian menghentikan upaya pencarian.
Banyak teori yang muncul hingga saat ini , tetapi nasibnya bersamaseorang navigator bernama Fred Noonan tetap tidak diketahui .

Artikel Terkait

Previous
Next Post »