Permasalahan Kependudukan di Indonesia

12:00 PM
sumber gambar : atamarenaperdana93.blogspot.com
Permasalahan kependudukan adalah salah satu masalah yang harus di hadapi di setiap negara, bukan tidak mungkin jika angka kelahiran dari tahun ke tahun akan meningkat, pemerintah akan kesulitan untuk mensejahterakan rakyat karena dari tahun ke tahun jumlah penduduk Indonesia meningkat dan anggaran untuk membantu rakyat menengah kebawah  juga ikut meningkat. kebutuhan pokok semakin lama semakin menipis, dan lowongan pekerjaan yang terbatas. Bagaimana jadinya negeri ini nantinya?

Permasalah Kependudukan di Indonesia.

Permasalahan kependudukan di Indonesia dibagi menjadi dua permasalahan yaitu kuantitas dan kualitas. untuk memahami lebih jelas, mari kita simak sebagai berikut:

Apakah itu kuantitas penduduk?

Kuantitas penduduk adalah  jumlah penduduk, pertumbuhan penduduk, kepadatan penduduk, dan susunan penduduk.

Sumber gambar: desasitiadi.blogspot.com
1. Jumlah Penduduk.

Jumlah penduduk negara Indonesia merupakan urutan ke-4 terbesar setelah China, India, dan Amerika. pertumbuhan penduduk negara Indonesia juga tinggi, sekitar 1.98 % pertahun. sisi positif dari jumlah penduduk  yang tinggi adalah memberdayakannya untuk meningkatkan pembangunan. tetapi ada sisi negatif dari jumlah penduduk yang tinggi, pemerintah memiliki tanggung jawab yang besar untuk mensejahterakan rakyat. Jika pemerintah tidak mampu, maka akan terjadinya angka penganguran yang tinggi, angka kejahatan juga akan tinggi, pemukiman yang kumuh, dan banyaknya penduduk kekurangan gizi makan.

2. Pertumbuhan Penduduk.

Secara nasional pertumbuhan penduduk Indonesia masih relatif cepat, walaupun ada kecenderungan menurun.  berikut ada presentase pertumbuhan penduduk Indonesia: 
Tahun1961 – 1971 pertumbuhan penduduk sebesar 2,1 % pertahun, 
Tahun 1971 – 1980 sebesar 2,32% pertahun,
Tahun 1980 – 1990 sebesar 1,98% pertahun,
Tahun 1990 – 2000 sebesar 1,6% pertahun.

3. Kepadatan penduduk.

Kepdatan Penduduk
Kepadatan penduduk
Kepadatan penduduk adalah luas wilayah dibagi jumlah penduduk  Kepadatan penduduk adalah salah satu masalah kependudukan di Indonesia karena tidak tersebar merata. ada wilayah yang kepadatan penduduknua  yang sangat tingg contohnya pulau Jawa  dan juga ada wilayah dengan kepadatan yang rendah contohnya Pulau Kalimantan. Hal ini disebabkan oleh perekonomian suatu wilayah.




4. Susunan Penduduk.

Susunan penduduk adalah pengelompokan penduduk berdasarkan umur, jenis kelamin, pekejaan dan lain sebagainya. Susunan penduduk digambarkan seperti piramida atau juga disebut dengan piramida penduduk.

Apakah itu kualitas penduduk?

Kualitas penduduk adalah mutu kehidupan penduduk pada suatu negara. beberapa faktor mutu kehidupan penduduk pada suatu negara yaitu meliputi tingkat pendidikan, tingkat kesehatan dan tingkat pendapatan per kar

1. Tingkat Pendidikan

Tingkat pendidikan bisa diukur dengan lamanya seseorang menempuh pendidakan formal dan berdasarkan tingkat melek huruf. Tingkat pendidikan bukan menjadi indikator kualitas SDM suatu negara karena kualitas SDM berhubungan dengan produktivitas kerja. Seseorang yang memliki pendidikan yang tinggi diharapkan mempunyai produktivitas yang tinggi. Kenyataan di Indonesia kebanyakan seorang yang memiliki pendidikan tinggi atau sarjana banyak yang menganggur. keadaan seperti ini sangat memprihatinkan. Diharapkan tingkat pendidikan berbanding lurus dengan tingkat produktivitas. Sehingga pembangunan dalam bidang pendidikan yang di lakukan pemerintah membawa dampak positif bagi kesejahteraan.

2. Tingkat Kesehatan

Tingkat Kesehatan bisa dijadikan indikator mutu kehidupan suatu negara. karena angka harapan hidup suatu negara tinggi  maka mutu kesehatan penduduk tersebut tinggi pula. Tingkat kesehatan tidak lepas dari pendapatan seseorang, jika sesorang mendapatkan pendapatan yang tinggi maka untuk memperoleh pelayanan kesehatan juga tinggi.  Jika penduduk suatu negara banyak yang sakit maka pembangunan negara tidak berjalan dengan lancar.

3. Tingkat Pendapatan per Kapita

Tingkat pendapatan perkapita ada pendapatan rata-rata penduduk suatu negara setiap tahunnya. Rendahnya pendapatan perkapita dapat mempengaruhi  sektor lain seperi  rendahnya tingkat pendidikan dan tingkat kesehatan karena terganggu dengan permasalahan perekonomian suatu keluarga.

Bagaimana upaya-upaya untuk mengatasi permasalahan kependudukan di Indonesia?

Berikut adalah upaya-upaya pemerintah untuk mengatasi permasalahan kependudukan di Indonesia

1. Mengontrol tingkat kelahiran  dengan program KB.

Dengan semboyan 2 anak lebih baik, diharapakan anak bisa terurus dengan baik dan sekaligus untuk mengontrol jumlah penduduk.

2. Meratakan kepadatan penduduk.

Menjalankan program transmigrasi dan mulai membangun di daerah luar pulau Jawa. Transmigrasi dilakukan untuk mengurangi kepadatan penduduk.

3. Meningkatkan pelayanan kesehatan

Dengan meingkatkan pelayanan kesehatan diharapkan, masyarakat Indonesia dapat menikmati pelayanan kesehatan. Jika masyarakat termasuk remaja Indonesia yang sehat diharapakn bisa memberikan jasa terhadap negara seperti membuka lapangan pekerjaan.

4. Meningkatkan dan meratakan mutu pendidikan di seluruh daerah

Pendidikan sangat penting bagi sseseorang untuk menjadi seorang yang berguna bagi orang lain. Dengan meratanya  pendidikan di seluruh daerah di Indonesia, diharapkan Indonesia kedepannya dapat memanfaatkan SDA Indonesia dengan baik dan dengan meningkatkan mutu pendidikan diharapkan bisa membuat lapangan pekerjaan.

Semoga tulisan ini  memberikan manfaat :)

Keluarga Berencana
Sumber gambar: Republika.co.id




Artikel Terkait

Previous
Next Post »

18 comments

Write comments
June 2, 2013 at 1:06 PM delete

betul banget tuh sobat, 4 upaya itu, tapi tergantung masyarakat dan pemerintahan kita, yang belum bisa mengatasi kepadatan penduduk. Semoga ke depan, SDM indonesia semakin baik, agar negara indonesia kembali menjadi macan asia yang di segani.

Reply
avatar
June 2, 2013 at 1:40 PM delete

semoga dengan 4 upaya dlm menghadapi kepadatan penduduk, Masyarakat Bangsa Indonesia tambah sejahtera dari Sabang sampai Merauke ya Mas... :)

Reply
avatar
June 2, 2013 at 1:45 PM delete

@Dimas bagus Nugroho : ya bener semoga pemerintah bisa mengatasi masalah kepadatan penduduk :)

Reply
avatar
June 2, 2013 at 1:59 PM delete

@Eka Ikhsanudin : iya mas semoga saja pemerintah bisa :) dan masyarakat Indonesia sejahtera dari Sabang sampai Merauke.. :D

Reply
avatar
Penghuni 60
AUTHOR
June 2, 2013 at 2:55 PM delete

2 anak cukup kan sob?

Reply
avatar
June 2, 2013 at 2:58 PM delete

@Penghuni 60: iya sob. karena 2 anak lebih baik sob :)

Reply
avatar
Muh Hendrik
AUTHOR
June 2, 2013 at 3:31 PM delete

Susah juga kalau begitu menjadi pemimpin di negeri ini. Untung deh saya tidak berkeinginan untuk menjadi presiden. xixi

Reply
avatar
June 2, 2013 at 3:37 PM delete

@Muh Hendrik: hehehe bener sakali gan :) jadi pemimpin itu sulit. apalagi di kasih amanat oleh banyak masyarkat...

Reply
avatar
sehatalami99
AUTHOR
June 2, 2013 at 4:16 PM delete

Yang paling sulit mungkin pemerataan penduduk, soalnya sekarang dari seluruh daerah di Indonesia banyak yang datang ke pulau jawa terutama Jakarta dan sekitarnya jadinya sebagian daerah sangat padat dan bagian lain sangat kurang penduduknya...

Reply
avatar
June 2, 2013 at 6:02 PM delete

@Sehatalami99 : semoga pemerintah menggalakan program transmigrasi, dan saatnya pemerintah melakukan pembangunan luar pulau jawa :)

Reply
avatar
kalahitam
AUTHOR
June 3, 2013 at 5:47 PM delete

4 upaya sederhana namun tepat!
sayangnya, kerja sama antara rakyat dan pemerintah sulit terjalin.. terutama pd generasi muda.
kurangnya pendidikan jg berpengaruh pd upaya poin 1, yg tdk terkendalinya tingkat kelahiran karna semboyan "bnyk anak bnyak rejeki" :D

Reply
avatar
June 6, 2013 at 7:31 AM delete

@kalahitam : iya benar (y).. semboyan "banyak anak banyak rezeki" memang sudah melekat pada masyarakat Indonesia. masyarakat harus sadar.. maka dari itu sebagai remaja sekarang harus merencanakan :)) karena sebagai penerus bangsa ini..

Reply
avatar
June 6, 2013 at 1:01 PM delete

menariik,

nice blog
visit back :

http://tasnapolyshop.blogspot.com

Reply
avatar
June 22, 2013 at 2:26 AM delete

lebih sulitnya lagi tingkat mengatasi permasalahan di negara ini jauh lebih sulit dibanding menumbuhkan masalah tersebut

Reply
avatar
July 31, 2013 at 6:39 AM delete

artikelnya bagus banget, sangat cocok untuk diikutkan lomba blog kependudukan 2013, ayo gan ikutin aja

temen2 yang butuh panduan info penulisan, neh blog saya udah jadi siapa tahu bisa dijadikan acuan, mohon kunjungan dan komentarnya ya..
sertakan pula link ente untuk ane kunjungan balik, biar lebih akrab gitu he.. he..

http://najibkarya.blogspot.com/2013/07/artikel-kependudukan-tentang-masalah.html

Reply
avatar
August 1, 2013 at 5:41 AM delete

@Najib Abdillah : makasih,hehe :)

ok saya akan berkunjung balik ;)

Reply
avatar
Der Alte
AUTHOR
August 28, 2013 at 11:19 PM delete

Blog walking ... Have a nice day. Friendly greetings from Hungary.

Reply
avatar
June 6, 2014 at 9:43 AM delete

thank's gan.....
jangan lupa kunjungi blog saya di : http://pik2rr-rizky.blogspot.com/

Reply
avatar