Faktor Pertumbuhan Penduduk

9:30 PM
Kependudukan di Indonesia dari tahun ke tahun meningkat, hal ini membuat pertumbuhan aspek-aspek kehidupan meningkat, mulai dari aspek sosial, ekonomi, politik, kebudayaan dan lain sebagainnya.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyampaikan kalau tahun ini penduduk Indonesia diperkirakan akan mencapai 250 juta jiwa dengan pertumbuhan penduduk 1,49% per tahun. 

Mengingat pertumbuhan jumlah penduduk suatu negara dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu:

  1. Kelahiran.
  2. Kematian.
  3. Perpindahan Penduduk (Migrasi).
Kelahiran dan kematian merupakan faktor alami, sedangkan perpindahan penduduk merupakan faktor non-alami. Perpindahan penduduk dibagi menjadi dua, yaitu: migrasi masuk (imigrasi) yang dapat menambah jumlah penduduk dan migrasi keluar (emigrasi) yang dapat mengurangi jumlah penduduk.

1. Kelahiran merupakan faktor alami yang  menambah jumlah penduduk suatu negara. Jika kelahiran tidak di kontrol, bukan tidak mungkin negara tersebut akan mengalami peningkatan pertumbuhan jumlah penduduk. Di Indonesia, sebagain masyarakat  masih mengenal dengan  istilah "Banyak anak banyak rezeki" inilah yang membuat jumlah penduduk Indonesia semakin bertambah setiap tahunnya.

2. Kematian merupakan faktor alami yang mengurangi jumlah penduduk suatu negara. Faktor kematian dipengaruhi oleh sarana kesehatan yang kurang, bunuh diri, kecelakaan, perang, bencana alam, pembunuhan, dan randahnya kesadaran terhadap kesehatan di suatu negara.

3. Perpindan Penduduk (Migrasi) merupakan faktor non-alami dalam pertumbuhan penduduk suatu negara. Perpindah Penduduk (Migrasi) adalah perpindahan penduduk dari tempat satu ke tempat yang lain. faktor migrasi adalah persediaan SDA, lingkungan sosial budaya dan potensi ekonomi.



Artikel Terkait

Previous
Next Post »